Karpet tile merupakan salah satu jenis karpet untuk menutup sebuah ruangan. Biasanya, karpet tile digunakan di tempat-tempat yang cukup mewah. Seperti perkantoran, apartemen, villa, hingga tempat tinggal pribadi.

Seperti diketahui, karpet tile sendiri mempunyai ukuran material seperti pada umumnya. Yaitu memiliki tiga macam ukuran, mulai dari 250×750, 500×500, dan 250×1000. Sehingga, ukuran tersebut lebih sering digunakan di lantai area perkantoran. Apabila kesulitan dalam pemasangannya, tukang pasang karpet tile juga siap membantu.

Kemudian secara umum, karpet tile sendiri dilihat dari jenis sisi materialnya dan metode konstruksinya. Karpet tile, dari sisi materialnya terbuat dari benang yang berbahan dari wol, polypropylene, nylon atau polyamide. Sedangkan dari metode konstruksinya, karpet tersebut terdiri dari jenis loop pile, cut pile, dan Shaggy.

Berikut Cara Pemasangan Karpet Tile yang Mudah :

Ketika memasang karpet tile, anda harus memiliki lem khusus. Namun jika anda tidak memiliki lem, biasanya akan langsung dipasang diatas permukaan lantai tanpa menggunakan lapisan underlayer seperti pada karpet roll. Tukang pasang karpet tile juga memiliki sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang karpet tile. Diantaranya:

  • Pada permukaan lantai beton harus dilakukan screed perata lantai dan acian dalam mendapatkan permukaan yang datar serta halus.
  • Apabila karpet tersebut digunakan untuk lantai dasar atau basement, anda harus memastikan bahwa tidak ada kelembaban pada permukaan lantai.
  • Kemudian, lokasi pemasangan karpet harus kering, bersih, dan tidak ada gangguan pekerjaan lain.
  • Pemasangan karpet tile sendiri dilakukan setelah semua pekerjaan selesai. Kemudian baru setelah itu penempatan furniture.

Sementara itu, perawatan karpet tile pada lantai secara umum cukup mudah. Anda cukup menggunakan vacuum cleaner secara teratur dalam membersihkan debu serta kotoran yang menempel. Apabila karpet tile terkena kotoran, maka anda harus langsung membersihkannya supaya tidak menyebar.

Kemudian apabila ada cairan yang tumpah, anda juga harus mengeringkannya dengan lap yang bisa menyerap air. Anda bisa juga melepasnya dan kemudian dibersihkan menggunakan deterjen, sikat, lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Setelah kering, baru anda pasang kembali. Biasanya, tukang pasang karpet tile juga akan menawarkan perawatan karpet.

Nah, bagi Anda yang ingin memasang karpet tile, dan membutuhkan jasa pasang, jangan khawatir lagi. Karena decorindoperkasa sekarang sudah ada layanan jasa pasang karpet lho!