Tips Jitu Rawat Lantai KayuLantai kayu bukan menjadi hal yang langka pada zaman sekarang. Mengingat semakin banyaknya arsitek maupun penata ruang interior yang menggunakan lantai kayu sebagai pelengkap tampilan rumah. Selain designnya yang epic, lantai kayu juga memberikan kesan sejuk, alami dan tentunya penampolan asri bagi siapapun yang menggunakannya.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa cara merawat lantai kayu sedikit berbeda dengan lantai biasa pada umumnya. Selain karena bahan yang sedikit berbeda dibandingkan lantai biasa, lantai kayu memiliki ciri khas unik yang tentunya memerlukan penanganan berbeda. Apabila Anda melakukan sedikit saja kesalahan pada proses perawatan, bisa jadi lantai kayu Anda akan mudah mengalami keropos, corak warna berubah kusah dan berakhir dengan kerusakan.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara merawat lantai kayu, Decorindoperkasa sudah menyiapkan beberapa tips yang tentunya bisa membantu Anda dalam melakukan perawatan terhadap lantai kayu kesayangan. Penasaran bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasannya sebagai berikut :

Tips Jitu Rawat Lantai Kayu Agar Awet

  1. Sapu secara rutin

Karena sudah menjadi sifat lantai kayu memiliki sifat mudah lembab dan lebih mudah menyerap air, maka debu dan kotoran menjadi sedikit lebih susah dihilangkan. Oleh karena itu, melakukan pembersihan secara rutin tentunya akan menjamin ke-awetan dari lantai kayu yang Anda gunakan di rumah sekarang ini. Untuk media yang digunakan, akan lebih baik Anda menggunakan sapu dengan bulu lembut atau penyedot debu.

  1. Pel lantai

Mungkin hal ini terdengar klise, akan tetapi mengepel lantai memiliki artian Anda membersihkan 80% kotoran beserta kotoran membandel yang sulit dihilangkan. Akan tetapi, untuk kasus lantai kayu, Anda memerlukan penanganan khusus yang berbeda dari lantai lain pada umumnya. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah, apakah lantai kayu Anda memiliki lapisan berupa pernis atau lilin.

Apabila Lantai memiliki lapisan anti air, maka campurkan pembersih lantai dengan air hangat. Gunakan pembersih lantai dengan kualitas baik dan lakukan pengepelan dengan gerakan memutar. Setelah itu keringkan.

Apabila Lantai tidak memiliki lapisan anti air, cukup campurkan pembersih lantai dengan sedikit air saja lalu berishkan lantai. Setelah itu keringkan hingga benar-benar tidak ada air untuk menghindari kerusakan lantai kayu.

  1. Pemilihan alat pembersih

Seperti halnya sapu untuk proses awal perawatan, peralatan kebersihan seperti cairan pembersih yang harus berkualitas baik tentunya alat lain pun harus Anda pilih untuk dasar perlindungan lantai. Ya, sebagai contoh kain pel. Sangat dianjurkan untuk menggunakan kain pel yang lembut dan tentunya kuat seperti contoh katun.

  1. Selalu jaga kebersihan

Ya, apabila proses pembersihan sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menjaganya. Hal yang dimaksudkan dari poin ini adalah, apabila terjadi insiden di rumah seperti contoh lantai tersiram kuah soto atau oli motor tumpah secara tidak sengeaja. Maka jalan pertama yang harus dilakukan adalah pembersihan secara total di atas lantai. Kemudian pel dan keringkan sampai tidak tercium baunya dan lantai menjadi kesat.

Begitulah akhir dari penjelasan dari Tips Jitu Rawat Lantai Kayu. Seperti halnya pribahasa pada umumnya mengenai kebersihan, memang pada dasarnya kebersihan melindungi Anda dari masalah yang lebih besar. Semoga dengan tips yang Kami paparkan di atas bisa membantu Anda dalam aspek perawatan.

// ]]>