Setiap orang pasti ingin huniannya terasa nyaman dan hangat meski saat musim dingin. Salah satu alternatif ekonomis yang bisa menjadi pertimbangan adalah dengan melapisi lantai Anda dengan karpet tile rumah. Karpet tile merupakan jenis karpet yang berbentuk persegi dan memiliki ukuran rata-rata yang sama dengan ubin. Karpet tile tersedia dalam berbagai ukuran, warna, dan tekstur, sehingga Anda bisa lebih mudah menyesuaikan kebutuhan. Tak hanya melapisi lantai, Anda juga bisa memercantik hunian Anda dengan kombinasi warna karpet tile yang bervariasi.

Meski memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan karpet meteran atau gulungan, harga karpet tile rumah masih tetap relatif terjangkau. Hal tersebut merupakan salah satu alasan karpet tile banyak digunakan sebagai bagian dari interior ruangan. Tak hanya rumah, karpet jenis ini juga banyak digunakan untuk hotel berbintang dan kantor. Selain itu, karpet jenis ini lebih mudah disesuaikan untuk berbagai jenis ruangan dan lantai, baik keramik, granit, maupun kayu.

Sebelum memasang karpet tile rumah, ada beberapa tips yang dapat Anda jadikan acuan agar karpet lebih awet dan ruangan terasa lebih nyaman. Berikut ini di antaranya.

  • Pastikan lantai ruangan rata

Lantai ruangan yang rata dengan acian rapi akan membuat karpet tile Anda terpasang dengan cantik dan tidak bergelombang.

  • Pastikan ruangan tidak lembab

Durabilitas atau keawetan karpet tile tidak hanya bergantung pada perawatan saja. Sejak awal pemasangan, Anda perlu memastikan bahwa ruangan tersebut tidak lembab dan lantai benar-benar bersih. Hal tersebut akan membuat karpet Anda terpasang dengan rapi, permukaannya halus sempurna, dan lebih awet tentunya.

  • Pastikan lantai ruangan benar-benar kering

Tak hanya harus bersih, lantai ruangan yang ingin Anda lapisi dengan karpet tile haruslah benar-benar kering. Sebaiknya hindari memasang karpet tile pada ruangan yang sering terkena air. Jika tidak memungkinkan, Anda disarankan untuk rutin membersihkan karpet agar tidak lembab dan berjamur sehingga karpet pun menjadi lebih awet.

  1. Penempatan furnitur

Untuk menjaga keawetan karpet tile, Anda dianjurkan untuk menghindari memasang furnitur yang terlalu berat di atasnya. Tekanan yang terlalu besar dari furnitur rumah Anda dapat membuat karpet lebih cepat rusak. Opsi yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemasangan pada sudut ruangan yang terdapat furnitur berat. Jika lebih suka lantai terlapisi seluruhnya, Anda dapat dengan rutin menggeser karpet yang tertindih furnitur sehingga bekas yang ditinggalkan tidak terlalu dalam.

Sekian tips memasang karpet tile agar rumah Anda menjadi lebih cantik dan nyaman dari decorindoperkasa.com. Anda disarankan untuk melakukan perawatan rutin dengan membersihkan karpet tile menggunakan penyedot debu minimal dua kali dalam seminggu. Semoga bermanfaat.