Cara Membersihkan Lantai Parket – Lantai kayu atau lantai parket memang menawarkan sentuhan unik dalam hunian. Itulah sebabnya lantai parket menjadi fitur yang paling digemari oleh banyak orang. Lantai yang terjaga kebersihannya memang memberikan kesan positif sekaligus menambah karakter ke dalam properti tersebut.

Namun yang tidak diketahui banyak orang adalah, parket merupakan item yang cukup manja dalam hal perawatannya. Kesalahan kecil dalam merawat dan membersihkan lantai parket dapat menyebabkan kerusakan seperti goresan hingga timbulnya lengkungan. Bahkan penggunaan lap pembersih bertekstur kasar dapat menyebabkan garis-garis yang akan merusak lantai.

Berikut ini cara merawat lantai parket dengan benar agar tak mengurangi kelebihan lantai parket di dalam hunian Anda:

Cara Membersihkan Lantai Parket

  1. Tips pembersihan umum

Yang perlu diingat dalam merawat dan membersihkan lantai parket adalah selalu rutin membersihkannya. Membiarkan kotoran kecil menumpuk adalah kesalahan terbesar yang dapat menyebabkan noda dan merusak permukaan lantai. Disarankan untuk menggunakan sikat lembut atau sapu berbulu halus saat membersihkan lantai parket. Dan jika ada cairan yang tumpah, segeralah membersihkannya dengan kain atau spons.

  1. Cara membersihkan Lantai Parket dengan air panas

Mengepel lantai parket disarankan dilakukan setiap bulan atau setidaknya ketika lantai terlihat kotor. Gunakan air panas untuk mengepel lantai kayu. Tidak perlu menggunakan air mendidih, yang paling penting air tersebut harus sedikit lebih dari hangat. Jangan lupa untuk memeras dengan baik kain atau spons yang akan digunakan untuk mengepel. Usai lantai dibersihkan secara menyeluruh, usahakan mengelapnya hingga bersih dan benar-benar kering.

  1. Cara menghilangkan noda lumpur

Jika lantai parket terkena noda lumpur, Anda bisa menggunakan larutan cuka yang telah dicampur dengan air. Untuk perbandingan cuka dengan air adalah 60 ml dengan 1000 ml. Cara membersihkan lantai parket dari noda lumpur ataupun noda lain yang menyebabkan lantai kusam, cukup dengan menyemprotkan larutan cuka putih dan air. Bersihkan noda di lantai dengan kain pel basah atau kain biasa. Dan jangan lupa segera mengeringkan lantai kayu.

  1. Cara menghilangkan noda lain

Noda darah yang tertinggal pada lantai parket bisa menyebabkan tampilannya kurang menarik. Dan apabila tidak ditangani dengan benar, noda darah akan semakin sulit dibersihkan. Gunakan cairan permbersih jendela untuk tips menghilangkan noda di lantai parket.

Ada pula noda permen karet yang menjengkelkan. Pertama-tama untuk membersihkan noda permen karet pada lantai parket, basahi area dengan air. Kemudian gunakan pisau plastik dan kikis hingga lantai bersih. Hindari menggosok terlalu keras karena dapat membuat lantai tergores.

Tak jarang tetesan noda minuman menyebabkan lantai parket sulit dibersihkan. Namun dengan kain microfiber yang sedikit lembab, Anda dapat menghapus noda minuman seperti soda, wine, ataupun noda krayon maupun tinta.

Sementara noda dari cat kuku, semir sepatu atau kue tar, bisa dengan mudah dihilangkan menggunakan cairan pembersih cat kuku. Teteskan cairan pembersih cat kuku pada kain microfiber dan gosokkan dengan lembut pada area bernoda di lantai parket.

Bekas tanda tumit yang tertinggal pada lantai parket bisa dihilangkan dengan menggunakan penghapus pensil, lho. Anda cukup menggosokkan penghapus dengan lembut pada noda. Lakukan hingga noda benar-benar terangkat dari lantai kayu Anda.

Yang terakhir adalah tips membersihkan noda lemak yang telah membeku pada permukaan lantai parket. Anda membutuhkan kompres es. Letakkan kompres es pada lemak dan biarkan hingga lemak mengeras. Kemudian gunakan pisau plastik untuk menyingkirkan lemak yang telah membeku.

Itulah beberapa cara membersihkan lantai parket dari berbagai macam noda membandel. Dengan tips merawat lantai kayu di atas, Anda tak perlu lagi cemas lantai kayu yang cepat menjadi usang, dan jika Anda sedang mecari lantai parket yang berkualitas Anda bisa dapatkan di situs Decorindoperkasa.com ini ya!