Karpet yang basah setelah dicuci atau setelah dibersihkan sebagian karena ada noda memang mengundang jamur untuk tumbuh jika tidak dilakukan pengeringan secara sempurna. Cara menjemur karpet juga tidak bisa sembarangan. Ada trik tips khusus agar karpet Anda tetap awet dan tidak berbau apek. Simak ulasan cara menjemur karpet berikut agar Anda dapat mengaplikasikannya ke karpet Anda. Check this out.

Cara Menjemur Karpet Dengan Benar

  • Jemur di bawah atap.

Karpet yang basah hendaknya tidak dijemur di bawah terik matahari langsung. Cara menjemur karpet di bawah atap ini untuk menghindari terjadinya kekakuan pada karpet yang sedang Anda jemur. Menjemur di luar juga bisa menyebabkan debu menempel kembali di karpet Anda. Jika hal ini terjadi maka kegiatan mencuci karpet Anda menjadi sia-sia belaka. Apalagi jika ada angin kencang. Maka debu akan menempel semakin kuat.

  • Keringkan karpet dengan segera.

Jika cuaca mendukung, maka hari yang panas bisa membuat karpet Anda menjadi cepat mengering. Akan berbeda cerita jika hari sedang hujan, penjemuran bisa sampai berhari-hari dan tumbuhnya jamur akan lebih cepat terjadi. Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada cara menjemur karpet saat hujan yang bisa Anda lakukan. Yakni dengan meletakkan kain kering yang memiliki daya serap tinggi di atas karpet yang sedang Anda jemur. Jika sudah terserap peras. Lakukan berkali-kali hingga karpet Anda setengah kering. Selain menggunakan kain, ada cara menjemur karpet yang lain yang bisa membuat karpet lebih cepat kering. Yaitu dengan memanfaatkan AC ataupun kipas angin untuk mengeringkan karpet dengan segera.

  • Manfaatkan baking soda.

Karpet yang sudah kering, hendaknya jangan langsung Anda masukkan ke dalam rumah. Karena ada bagian-bagian karpet yang berada di dalam belum kering secara sempurna sehingga diperlukan cara menjemur karpet yang tepat untuk mengatasi kelembaban ini. Baking soda merupakan bahan paling efektif untuk menyerap kelembaban pada karpet Anda. Sehingga karpet akan benar-benar kering sempurna. Baking soda juga bisa menghilangkan bau karpet karena setelah pencucian. Biasanya meski Anda sudah melakukan cara menjemur karpet dengan benar, bau apek masih tercium juga. Namun tak perlu terlalu khawatir karena baking soda juga mampu menetralisir bau apek yang muncul. Tidak hanya saat dijemur saja, baking soda juga efektif digunakan saat karpet Anda berbau karena asap rokok, atau ketumpahan makanan dan minuman. Jadi jangan khawatir akan bau pada karpet ya dan Anda juga bisa mencuci karpet di decorindoperkasa.com.