Tips Merawat Lantai Kayu Oleh Decorindo Perkasa –¬†Anda penyuka nuansa alam? Dan ingin menerapkannya di rumah Anda? Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan lantai berbahan kayu di rumah kayu. Dengan memasang lantai kayu Decorindo Perkasa, maka rumah Anda akan berkesan hangat namun segar karena tampilan alaminya. Kayu banyak dijadikan pilihan untuk lantai karena fleksibilitas dan elastisitasnya. Selain itu beberapa jenis kayu terkenal karena kepadatan dan keawetannya misalnya seperti kayu jati, merbau, ebony, ulin dan kayu rosewood.

Namun untuk memasang lantai kayu Anda tidak dapat sembarangan, penggunaan lantai kayu di dalam ruangan berbeda dengan lantai kayu diluar ruangan seperti teras rumah yang akan terkena sinar matahari. Jika bagian dalam rumah memakai lantai kayu jati, bagian luar rumah gunakan bahan lantai kayu ulin. Karena kayu ulin memiliki ketahanan yang sangat keras sehingga tidak mudah melengkung jika terkena panas.

Pada saat pemasangan, gunakan bahan lapisan kimia anti rayap pada lantai kayu tersebut. Tentu setelah pemasangan, lantai kayu juga harus dirawat agar terjaga keindahan akan kesan alaminya. Berikut kami akan membagikan kepada Anda tips dalam merawat lantai kayu Decorindo Perkasa:

Tips Merawat Lantai Kayu Oleh Decorindo Perkasa

  • Rajin dibersihkan.

Rajin-rajinlah membersihkan lantai berbahan kayu ini menggunakan sapu. Jangan biarkan debu atau kotoran tersisa diatasnya karena lama-kelamaan akan menempel dan menyebabkan lantai kayu berkesan jelek.

  • Pakailah cairan pembersih lantai yang alami.

Pilih cairan pembersih lantai yang alami untuk mengepel lantai kayu. Cukup campurkan air dengan perasan jeruk lemon atau belimbing wuluh lalu bersihkan lantai kayu tersebut. Atau jika ada noda, teteskan cuka putih, diamkan beberapa menit kemudian lap noda tersebut dan noda akan hilang dari lapisan kayu.

  • Jangan menggores lantai.

Hindari memindahkan perabot atau barang dengan cara menggeser di atas lantai kayu karena jenis lantai berbahan ini mudah tergores. Juga gunakan alas kaki yang khusus dipakai di dalam rumah karena terkadang sepatu dari luar membawa kerikil pasir yang dapat menggores lantai kayu.

  • Jaga kelembaban lantai kayu.

Jangan sering-sering mengepel lantai kayu dengan air, untuk membersihkan cukup disapu saja. Karena air dapat membuat lantai kayu lembab dan yang berujung ke pelapukan dan pengrusakan.

Itulah beberapa tips dalam merawat lantai kayu Decorindo Perkasa yang dapat kami bagikan. Hindari paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak warna lantai kayu, yaitu dengan cara memasang perabot agar sinar tersebut dapat sedikit terhalang. Bila perlu lakukan pemolesan rutin pada lantai tersebut setidaknya 3-4 tahun sekali agar lantai kayu tersebut awet keindahannya.