Sejarah Lantai Kayu – Meningkatnya peminat terhadap lantai yang terbuat dari kayu solid didasari oleh daya tarik tersendiri yang ditawarkan oleh produk tersebut. Selain memberikan kesan natural dalam sebuah hunian, jenis lantai satu ini juga menciptakan kehangatan bagi para penghuninya.

Dan mengingat fungsi lantai sebagai item dalam hunian untuk menjaga area tempat tinggal tetap bersih dari berbagai kotoran, apa alasannya lantai dari kayu menjadi lebih poluler ketimbang jenis lantai lainnya? Padahal teknik membersihkan lantai kayu jauh lebih sulit dibandingkan jenis lantai yang lain.

Sejarah Lantai Kayu

Pada awal mula kayu digunakan sebagai lantai, kayu akan dikerjakan dengan menggunakan tangan dan benar-benar diampelas untuk mengikis permukaan kayu hingga mulus. Mereka menggunakan segenggam pasir untuk menghaluskan semaksimal mungkin.

Kala itu hanya orang berada yang bisa memasang lantai kayu di kediamannya, karena begitu tinggi harga jual yang dipatok untuk mendapatkan lantai kayu dengan kualitas terbaik. Namun seiring dengan kemajuan zaman, sejarah lantai kayu pada masa lalu pun semakin berkembang.

Sejak era kolonial antara tahun 1607-1780, di mana ketersediaan bahan baku pembuatan lantai dari kayu begitu melimpah, orang-orang Amerika akhirnya mulai meninggalkan lantai tanah dan memasang papan-papan kayu di rumah mereka untuk menjaga kehangatan. Waktu itu jenis kayu yang umumnya digunakan sebagai bahan pembuat lantai dari kayu adalah spesies pohon lokal.

Usai Perang Dunia II, kepopuleran lantai kayu pun berubah. Dibandingkan lantai dari kayu, orang-orang lebih menyukai karpet. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan serat sintetis. Kayu solid sebagai bahan lantai akhirnya dianggap ketinggalan zaman.

Tahun 1990-an, permintaan lantai dari kayu solid kembali meningkat. Dan pada era ini mulai diperkenalkan lantai dari bahan yang lebih terjangkau tanpa mengabaikan karakteristik lantai dari kayu itu sendiri. Namun sayangnya dari segi kualitas, nilainya dianggap sangat mengecewakan.

Melihat begitu panjangnya perjalanan lantai yang terbuat dari kayu, tidak mengherankan jenis lantai satu ini tetap menarik hati orang banyak. Terlebih lagi dengan kualitas kelas satu yang ditawarkan oleh lantai kayu. Bahkan lantai kayu outdoor terbukti dapat bertahan lama hingga puluhan tahun, tentunya dengan teknik perawatan yang benar dan sesuai.

Bagi Anda yang mempertimbangkan pilihan dengan biaya yang relative lebih terjangkau, lantai kayu vinyl bisa menjadi pilihan terbaik. Nah, pilihan ada di tangan Anda untuk memasang lantai dari kayu solid atau jenis lantai lainnya! Nah, Bagi Anda yang ingin membeli lantai kayu berkualitas dan terbaik, Anda dapat membeli nya di decorindoperkasa.com