Pola Lantai Kayu – Rumah bukan hanya sekedar tempat kita menghabiskan waktu. Rumah merupakan cerminan dari diri setiap penghuninya. Jadi setiap detail di dalam rumah menyimpan arti dan tujuannya sendiri. Bahkan hal terkecil yang kerap kali diabaikan, seperti lantai.

Tahukah Anda jika lantai akan selalu menjadi hal yang langsung diperhatikan orang saat berkunjung? Dan dimulai dari kesan pertama inilah mereka membentuk penilaian terkait seperti apa karakter Anda sebagai empunya rumah.

Nah, karena itulah pemilihan jenis hingga pola lantai menjadi hal yang wajib dipertimbangkan sejak awal. Untuk Anda yang berencana memasang hardwood floor di dalam hunian, berikut 6 pola cantik lantai dari kayu paling sederhana yang bisa Anda terapkan untuk memberikan kesan segar dalam rumah:

Pola Lantai Kayu Sederhana

  1. Straight pattern

Pola paling sederhana dalam pemasangan kayu sebagai lantai di dalam rumah adalah pola lurus. Papan lantai dipasang sejajar satu sama lain mengikuti dinding dan memberikan kesan sederhana, membuat pola ini populer. Tak hanya menjadi pola paling mudah untuk dipasang, namun juga yang paling murah.

  1. Random pattern

Instalasi lantai kayu solid dengan pola acak menawarkan desain parallel lurus ke depan. Pola ini menawarkan kesan estetik yang bernuansa pedesaan sekaligus lebih energik. Cara terbaik untuk memasang pola acak adalah memasangnya sejajar dengan dinding terpanjang dalam ruangan.

  1. Diagonal pattern

Jika Anda ingin memasang lantai kayu dengan pola yang lebih menarik, diagonal pattern menjadi ide terbaik. Pilihan ini akan menambahkan sentuhan formal sekaligus mewah dalam ruangan. Namun hati-hati, pasalnya desain yang satu ini membutuhkan tingkat keahlian dan pengalaman setingkat dewa!

  1. Brick pattern

Untuk pola lantai yang satu ini memberikan tampilan bertumpuk seperti bata, sehingga menawarkan kesan yang lebih unik. Dan karena teknik pemasangan pola bata jauh lebih mahal, jenis lantai kayu murah dengan pola bata buatan pabrik bisa menjadi pilihan Anda dalam berhemat biaya.

  1. Herringbone pattern

Yang terakhir adalah pola tulang ikan, lantaran teknik pemasangannya yang diletakkan secara zigzag diagonal hingga mirip tulang ikan. Meski bisa dibilang desain ini cukup populer, namun hindari mengaplikasikannya di ruangan kecil. Karena dapat memberi kesan ruangan tersebut semakin sempit.

  1. Chevron pattern

Hampir mirip dengan herringbone pattern, yakni sama-sama disusun dari blok kayu dengan pola zigzag. Perbedaannya adalah ujung balok pada sudut dipotong sehingga membentuk garis lurus sempurna. Anda bisa mengaplikasikannya untuk hampir semua gaya ruangan.

Itulah pola-pola sederhana lantai kayu yang bisa Anda terapkan di rumah. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jenis kayu apapun untuk desain tersebut, mulai dari lantai kayu jati hingga lantai kayu vinyl. Dan jika Anda membutuhkan lantai kayu berkualitas, Anda bisa mendapatkan nya di decorindoperkasa.com ini!