Perbedaan Jenis-jenis Lantai Kayu – Lantai kayu memang belakangan ini semakin meningkat kepopulerannya. Selain menawarkan berbagai model dan corak, lantai kayu juga sangat mudah dikombinasikan dengan perabot maupun gaya tempat tinggal kita.

Namun ketahuilah bahwa lantai kayu tersedia dalam berbagai jenis. Dan masing-masingnya memiliki tampilan uniknya tersendiri, mulai dari warnanya yang khas hingga karakter fisiknya yang berbeda dari jenis lantai kayu lainnya.

Beberapa jenis berwarna terang, seperti kayu maple, ada juga yang warna coklatnya lebih kuat, seperti kayu oak. Dan yang terakhir lantai kayu dari kayu walnut dengan ciri khas warna yang paling gelap di antara kayu maple dan kayu oak.

Dan sebelum Anda menjatuhkan pilihan lantai kayu yang akan digunakan di hunian tercinta, ada baiknya Anda mengenali sejumlah perbedaan jenis-jenis lantai kayu berikut ini:

Perbedaan Jenis-jenis Lantai Kayu

  1. Unfinished hardwood floor

Lantai kayu yang belum selesai menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang menginginkan pewarnaan khusus sebelum pemasangan. Baru usai pemasangan, jenis lantai kayu ini akan diberikan beberapa lapisan pelindung. Sangat direkomendasikan memilih unfinished hardwood floor untuk lantai dapur.

  1. Finished hardwood floor

Berbeda dengan jenis lantai kayu sebelumnya, jenis yang satu ini sudah melalui proses pengampelasan dan penyegelan dari pabrik. Pilihan finished hardwood floor sangat sempurna untuk Anda yang ingin cepat menyelesaikan pemasangan lantai kayu.

  1. Lantai kayu solid

Lantai kayu solid memiliki ketebalan 5/8-3/4 inchi. Terbuat dari kayu asli, jenis ini diampelas dan disuling berulang kali. Sayangnya lantai kayu solid temah terhadap lembab. Untuk itu tidak disarankan digunakan pada lantai di ruang bawah tanah maupun ruangan dengan tingkat kelembaban yang cukup tinggi.

  1. Lantai kayu laminate

Tak seperti lantai kayu solid yang terbuat dari kayu asli, lantai kayu laminate terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan dengan suhu tinggi. Meski memiliki permukaan yang keras, ditambah dengan desain dan warna yang variatif, namun jenis ini lebih rentan terhadap kelembaban tinggi.

  1. Lantai kayu engineered

Nah, sementara untuk lantai kayu engineered merupakan lantai kayu yang terbuat daru lapisan kayu asli yang kemudian direkatkan dengan beberapa lapisan kayu di bagian bawah. Keunggulannya menawarkan daya tahan lantai dalan jangka waktu yang cukup lama. Bahkan cocok dipasang hampir di semua ruang.

Itulah beberapa perbedaan jenis-jenis lantai kayu yang perlu Anda ketahui. Dan sebaiknya perhatikan juga perbedaan jenis lantai kayu dan parket dan perbedaan jenis lantai kayu dan vinyl, untuk mengetahui perbedaan jenis lantai kayu terbaik sebelum Anda menentukan pilihan, nah bagi Anda yang ingin membeli lantai kayu berkualitas, situs decorindoperkasa.com ini solusi nya!