Karpet Bulu – Kenyamanan sekaligus kemewahan yang ditawarkan alas lantai menjadikannya pilihan populer untuk menghiasi lantai hunian. Terlebih sekarang semakin banyak tersedia beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun gaya rumah Anda. Salah satunya permadani bulu.

Perlu diingat bahwa membeli karpet ataupun permadani tidaklah semudah ketika Anda membeli makanan atau minuman. Ada serangkaian proses rumit yang harus Anda jalani. Dan dalam menentukan pilihan karpet terbaik, tak jarang membutuhkan pengetahuan.

Namun sayangnya, begitu banyak informasi keliru tentang karpet yang justru lebih dipercayai. Berikut ini adalah fakta dan mitos penting tentang berbagai jenis karpet yang wajib diketahui sebelum membeli:

Mitos dan Fakta Umum tentang Karpet Bulu

  • Mitos dan fakta 1: Karpet buatan mesin vs karpet buatan tangan

Banyak yang percaya bahwa karpet buatan mesih jauh lebih tahan lama jika dibandingkan dengan karpet buatan tangan. Padahal itu keliru. Permadani buatan tangan dengan teknik penenunan oleh tangan-tangan terampil menjadikannya lebih kuat dan tahan lama dibanding karpet buatan mesin.

  • Mitos dan fakta 2: Karpet sutra berarti sutra murni

Itu hanya mitos yang sayangnya dipercaya banyak orang. Pasalnya karpet sutra mungkin saja berarti sejenis karpet murni atau juga buatan. Tips terbaik untuk mengetahui apakah karpet yang Anda beli merupakan sutra murni atau karpet sintetis adalah dengan melakukan ‘tes pembakaran’.

  • Mitos dan fakta 3: Karpet hanya bisa dibersihkan di binatu

Yang paling disarankan untuk membersihkan karpet, terutama karpet bulu adalah dengan menyerahkannya ke jasa spesialis. Pasalnya binatu biasa menggunakan bahan kimia untuk membersihkan karpet. Dan hal tersebut dapat berisiko merusak tekstur maupun warna pada karpet.

  • Mitos dan fakta 4: Karpet kontemporer paling sesuai untuk desain modern

Jangan sekalipun mempercayai mitos satu ini. Ketahuilah bahwa berbeda dengan kepercayaan tersebut, gaya dekorasi rumah modern juga dapat dipasangkan dengan karpet tradisional. Dan jika Anda tertarik memadukan karpet tradisional dengan gaya modern, pilihannya adalah motif Persia.

  • Mitos dan fakta 5: Kualitas karpet akan berkurang seiring waktu

Faktanya justru sebaliknya, lho. Untuk permadani yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas, entah itu sutra ataupun wol dan dipadukan dengan kombinasi warna yang menarik, akan membuat nilai jualnya semakin tinggi seiring dengan bertambahnya waktu.

Karpet itu hampir sama dengan wine, semakin lama usianya, maka karpet tersebut akan semakin spesial. Baik itu karpet sutra maupun karpet bulu, seperti karpet bulu karakter, karpet bulu rasfur maupun karpet bulu polos yang terbuat dari bahan wol. Nah, bagi Anda yang ingin membeli karpet terbaik, Anda bisa membeli nya di decorindoperkasa.com.