Membedakan jenis parket kayu berdasarkan kategori bahan utama dan cara pembuatannya. Parket kayu dibedakan menjadi 2 macam yaitu Parket Solid dan Parket Laminate.

Lantai kayu Parket Solid adalah bahan material yang terbuat dari 100% kayu utuh serta kayu yang kuat, keras dan memiliki serat yang indah sehingga cocok digunakan untuk lantai. Kayu-kayu tersebut antara lain Jati dan Merbau.

Dipabrik proses pembuatan Parket Solid melalui tahapan pertama-tama kayu yang masih gelondongan digesek/dibelah-belah menggunakan mesin sehingga terbentuk papan-papan, kemudian dipilih berdasarkan kriteria dan dipotong-potong sesuai dengan ukuran tebal, lebar dan panjang yang diinginkan. Kayu yang sudah dipotong-potong dimasukkan kedalam mesin oven untuk menyerap cairan yang masih tersimpan didalamnya guna menjadikan kayu lebih keras dan sulit memuai, kemudian kayu tersebut diserut halus disemua permukaan sehingga menghasilkan kayu yang mulus. Nah, sampai disini kayu sudah bisa dipasarkan dengan sebutan “Lam parquet” karena sudah layak untuk dipasang dilantai. Anda hanya perlu mem-finishingnya setelah parket tersebut terpasang dengan rapi.

Lantai kayu Parket jenis Laminate atau biasa di sebut juga bahan High Density Fibreboard (HDF). Parket ini terbuat dari serbuk kayu halus yang diberi lem lalu di press dengan kuat menggunakan mesin khusus sehinnga menghasilkan bentuk serta ukuran sesuai dengan yang diinginkan, lalu bagian paling atas/pemukaan dilapis bahan laminate anti gores dengan bebagai macam motif menyerupai serat kayu asli dan bagian paling bawah dilapis bahan laminate bermotif polos yang kegunaan utamanya untuk menahan air supaya tidak tembus kedalam bahan HDF sehingga parket olahan ini dapat tahan lama. Kelebihan parket/parquet laminate ini selain harganya lebih terjangkau dibanding parket solid adalah pemasangannya lebih mudah, tanpa harus menggunakan lem karena terbentuk “click system” pada setiap batangannya sehingga suatu saat apabila Anda ingin membongkarnya kembali untuk dipindahkan keruangan lain Anda tidak perlu susah-susah mencungkilnya karena Anda cukup mengangkat batangannya dari bagian paling pinggir setelah itu akan terbuka semuanya.