Lantai Kayu Asli – memang menawarkan kesan mewah tersendiri bagi segala gaya hunian. Namun untuk mendapatkan kualitas terbaik, Anda bisa mengetahuinya dari jenis kayu, cara pembuatan, gaya, tren dan ciri lainnya. Dan berikut ini beberapa tips yang perlu diketahui sebelum Anda membeli lantai yang terbuat dari kayu. Apa saja? Check this out!

Jenis kayu

Setiap jenis pohon yang menjadi bahan utama pembuatan lantai kayu asli memberikan perbedaan besar pada hasil produk lantai nantinya. Mulai dari rona dan tekstur hingga sifat, seperti stabilitas dan tingkat kekerasan. Proses penyelesaian, seperti pengampelasan, hingga finishing juga sangat berpengaruh.

Kayu solid memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi memang jauh lebih mahal daripada kayu lunak. Teknik pemasangannya pun sedikit lebih rumit. Jangan pula diabaikan stabilitas paparan kelembaban dari jenis kayu. Karena hal ini adalah sesuatu yang paling penting Anda pertimbangkan, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dengan tingkat kelembaban ekstrem.

Di bawah ini beberapa ciri khas dari sejumlah jenis kayu yang paling populer digunakan sebagai bahan pembuatan lantai kayu:

Lantai Kayu Asli dengan Kualitas Terbaik Decorindo Perkasa

  1. Oak putih

Memiliki berat 47 kilogram per kaki kubik, membuat kayu pohon oak putih sangat sempurna menjadi salah satu bahan lantai kayu berkualitas dengan daya tahan yang tinggi. Namun demikian, jenis kayu ini sangat rentan terhadap penyusutan.

  1. Oak merah

Sementara kayu keras dengan nada kemerahan dan butiran kasar dari oak merah dengan berat sekitar 44 kilogram per akki kubik ini memiliki karakteristik oak putih. Perbedaan dari jenis kayu kerabatnya adalah pori-pori yang lebih banyak. Dan Anda juga harus memperhatikan risiko penyusutannya.

  1. Maple

Nada keputihan di permukaan kayu coklat nan kemerahan ini memiliki berat sekitar 44 pon per kaki kubik. Dengan tingkat kekerasan yang sangat tinggi, kayu maple sangat sulit digergaji dan dibentuk. Dibutuhkan polesan yang tepat dari finishing cat berkualitas.

  1. Brazilian cherry

Brazilian cherry menawarkan kesan eksotisme dengan nada kemerahan, butiran yang saling terkait, dan tingkat kekerasan yang sempurna. Jenis kayu yang satu ini menjadi pilihan lantai dari kayu yang paling populer karena keindahannya dan ditambah lagi dengan harganya yang sangat terjangkau.

  1. White ash

Lalu jenis kayu white ash ini memiliki warna cokelat muda hingga cokelat tua dengan butiran terbuka dan tingkat pengerjaan yang sangat baik. Memiliki berat 42 pound per kaki kubik, lantai yang terbuat dari kayu white ash ini bisa dibandingkan dengan jenis lantai kayu bagus lainnya.

  1. Douglas fir

Meski bukanlah jenis kayu keras yang umum dipilih sebagai bahan lantai, namun tiak sedikit rumah yang memilihnya menjadi lantai kayu. Usai diampelas dan diberikan sentuhan akhir, douglas fir yang usianya cukup tua bisa memberikan keindahan tersendiri dengan warna cokelat muda atau cokelat kekuningan. Nah, bagi Anda yang ingin membeli lantai kayu berkualitas, Anda dapat membelinya di decorindoperkasa.com.