Cara memilih wallpaper dinding – Wallpaper dinding memiliki fungsi yang hampir sama dengan cat dinding rumah Anda, yakni melapisi permukaan dinding serta menjadikannya makin menarik. Dengan fungsi yang hampir sama itulah, cara memilih wallpaper dinding pun tidak jauh berbeda dengan seperti ketika memilih warna cat yang akan digunakan. Alih-alih menjadi cantik, dinding hunian bisa makin jelek jika sampai salah pilih wallpaper.

Berikut ini ada beberapa cara memilih wallpaper dinding terbaik yang bisa dipraktikkan sebelum Anda pergi ke toko untuk “berburu” wallpaper dinding dari decorindoperkasa.com. Simak baik-baik ya!

Cara memilih wallpaper dinding

  • Telitilah kondisi dinding rumah

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah teliti dulu kondisi dinding rumah; perhatikan bagian yang tidak sempurna di area dinding – seperti retakan kecil atau benjolan yang tak hilang meski telah dicat. Jika dinding memiliki cukup banyak ketidaksempurnaan, maka wallpaper dengan detail pattern atau tekstur pada bagian permukaannya adalah pilihan terbaik. Tekstur pada permukaan wallpaper ini nantinya mampu menyembunyikan ketidaksempurnaan dinding.

  • Perhatikan pencahayaan ruangan

Sama seperti ketika memilih cat dinding, cara memilih wallpaper dinding yang baik harus memperhatikan pencahayaan sebab semua akan berpengaruh pada mood dan cahaya yang dibiaskan di ruangan. Wallpaper dinding dengan warna gelap akan menyerap cahaya, begitu juga sebaliknya. Tidak hanya warna, tekstur pada permukaan wallpaper dinding juga ikut berpengaruh loh. Dibandingkan wallpaper dengan permukaan yang bertekstur, maka wallpaper dinding dengan permukaan halus adalah pilhan yang paling tepat jika Anda ingin agar ruangan tampak lebih terang. Hal ini dikarenakan permukaan yang halus merefleksikan cahaya lebih baik dibandingkan dengan wallpaper dinding dengan permukaan yang bertekstur.

  • Perhatikan mood

Cara memilih wallpaper ruangan selanjutnya adalah menentukan mood yang ingin Anda bangun. Hal yang satu ini masih berhubungan dengan pemilihan warna wallpaper yang diinginkan ya! Bila ingin menciptakan suasana yang tenang, maka warna-warna soft adalah pilihan yang terbaik.  Untuk menciptakan nuansa yang segar, warna-warna cool-tone seperti biru atau hijau lah yang harus Anda pilih. Untuk menciptakan nuansa hangat, tone warna merah, kuning dan oranye adalah jagonya.

  • Pilih motif yang tepat

Tidak hanya warna, wallpaper dinding pastinya juga memiliki pattern atau motif gambar pada bagian permukaannya. Pilihan variannya pun ada beragam jumlahnya, pastikan semua  Anda sesuaikan dengan style atau gaya yang ingin dibangun. Pattern vertikal akan membuat ruangan terasa lebih tinggi dan pattern yang horizontal akan membuat ruangan sempit terasa lebih lebar. Pattern berukuran besar yang digabugkan dengan warna dramatik akan menampilkan kesan formal. Sedangkan pattern dengan ukuran yang lebih kecil dan tersusun rapi akan memberikan kesan fun dan bright.

Itu tadi cara memilih wallpaper dinding yang bisa dijadikan acuan sebelum  Anda memulai menempelkan wallpaper. Namun masih ada satu hal lagi yang paling utama untuk diingat, pastikan untuk menentukan terlebih dahulu ruangan mana yang akan dipasangi wallpaper. Penting untuk diingat bahwa ruangan dengan tingkat kelembapan tinggi sebaiknya tidakditempeli wallpaper karena akan cepat mengelupas. Pastikan pula untuk mengukur besar ruangan tersebut dengan cermat dan teliti agar Anda dapat membeli wallpaper dengan ukuran yang tepat agar lebih efisien.

Anda juga dapat melakukan memadukan pattern wallpaper jika ingin menambahkan suasana ceria dan berbeda. Namun ingat lakukan fusion secara bijaksana dengan memperhatikan keserasian ruangan untuk mendapatkan hasil smooth dan asik secara keseluruhan. Selamat berkreasi.