Cara memilih lantai parketPopularitas lantai parket yang semakin tinggi nyatanya cukup menggoda untuk dimiliki ‘kan? Yups, desain menawan dipadu dengan beragamnya motif membuat siapapun ingin menjadikannya sebagai salah satu aksesori untuk mempercantik ruangan.

Nah sayangnya tidak banyak yang tahu cara memilih lantai parket berkualitas yang paling sesuai dengan style Anda? Simak informasi yang diberikan oleh decorindoperkasa.com berikut ini ya!

Cara Memilih Lantai Parket

  • Pastikan pilihan lantai sesuai budget

Kemampuan membayar yang Anda miliki untuk mendapatkan sebuah lantai parket adalah hal esensial yang perlu dilakukan jika ingin mengetahui cara memilih lantai parket yang pas. Tidak dapat dipungkiri bahwa budget menjadi salah satu pertimbangan penting ketika hendak membeli sesuatu, termasuk lantai parket. Apabila memiliki budget yang tidak terbatas, maka parket solid dapat menjadi pilihan – sebaliknya parket vinyl atau parket laminate adalah opsi tepat

  • Ketahui jenis lantai parket yang diinginkan

Mengetahui bahan dasar lantai parket yang diinginkan menjadi salah satu cara memilih lantai parket untuk mendapatkan yang paling berkualitas. Kayu parket solid misalnya, dibuat dengan menggunakan seratus persen kayu asli. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa lantai jenis ini memiliki harga tiga kali lebih mahal dibandingkan jenis kayu parket lainnya.

Kayu parket vinyl sendiri merupakan lantai kayu yang dibuat dengan mengombinasikan lapisan tipis kayu solid untuk bagian atas permukaan lantai dengan lapisan kayu lain yang berbeda kualitasnya pada bagian bawah. Parket laminate merupakan lantai kayu yang terbuat dari serbuk atau juga fiber yang dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki penampilan yang menyerupai lantai.

  • Pastikan kuncian lantai parket kuat

Oh iya, pastikan memilih lantai parket dengan kuncian kuat ya! Ini penting karena struktur kayu parket memiliki bentuk mirip puzzle yang akan saling direkatkan satu sama lain dengan menggunakan lem. Kuncian yang kuat adalah syarat wajib agar lantai parket dapat terpasang dengan sempurna.

  • Pilih yang daya tahannya paling kuat

Pastikan untuk selalu memilih lantai parket yang memiliki daya tahan kuat agar tahan rayap. Pastikan pula lantai tahan kelembapan sebab material kayu sangat mudah menyerap cairan.

  • Sesuaikan dengan selera

Lantai parket harus mencerminkan selera serta disesuaikan dengan mood yang ingin dibangun. Anda dapat memilih lantai parket berbahan dasar kayu Oak, Bleached Oak atau juga Iroko serta Afrormosia bila inginmendapatkan warna cokelat alami kayu. Lantai parket berbahan dasar kayu ini akan mengalami oksidasi seiring dengan berjalannya waktu dan paparan sinar mentari yang mengenainya, sehingga lama kelamaan warnanya akan semakin menggelap.

Pecinta warna hitam yang menginginkan warna ini sebagai bahan lantai parket dapat memilih kayu jenis Wengè. Bahan satu ini sangat istimewa karena selain memiliki warnag almost black, Wengè merupakan kayu berkualitas tinggi dengan daya tahan yang sangat kuat serta tidak akan mengalami perubahan warna meski seiring dengan perubahan waktu.

Anda dapat memilih kayu Doussiè atau juga American Cherry untuk mendapatkan tone warna kemerahan. Tone warna yang kemerahan ini akan meningkatkan suasana hangat bagi hunian tercinta. Anda dapat memilih Teak untuk mendapatkan lantai parket dengan tone warna yang lebih terang seperti yellowish tone. Berkebalikan dengan Oak, kayu ini justru akan mengalami perubahan warna yang makin cerah seiring dengan pergantian waktu.

Sebagai tambahan cara memilih lantai parket, pastikan lantai yang Anda beli bersertifikat FSC. Sertifikat ini mengindikasikan bahwa kayu yang digunakan berasal dari hutan yang legal. Hutan yang peduli akan reboisasi, mengurangi illegal logging,  peduli cagar alam dan biodiversitas hutan, serta meningkatkan tanggung jawab sosial dari pemilik hutannya. Selamat memilih ya!