Cara memilih karpet sajadah – Apakah Anda berpikiran memasang karpet sajadah di tempat ibadah dalam rumah, lalu merasa bingung karena baru pertama kali mengerjakannya? dan sedang merasakan kebingungan karena baru pertama kali mengerjakannya.  Well tidak usah risau sebab semua bisa dilakukan dengan mudah jika mengetahui trik cara memilih karpet sajadah yang tepat. Tanpa banyak basa-basi, berikut adalah ulasan selengkapnya dari decorindoperkasa.com:

Cara Memilih Karpet Sajadah Yang Baik:

  • Ukur ruangan terlebih dahulu

Hitung luas ruang yang akan dipasang karpet sajadah secara keseluruhan. Umumnya sebuah ruangan akan berbentuk persegi, karenanya Anda bisa mendapatkan ukuran luasnya dengan cara mengalikan total panjangnya ruangan dengan total lebarnya ruangan. Pastikan mengukur luas ruangan tersebut secara mendetail apabila Anda menginginkan ukuran yang tepat. Jika merasa kurang yakin dengan hasil pengukuran yang  dilakukan sendiri, Anda dapat meminta bantuan penjual karpet sajadah untuk mengukur ulang luas ruangan yang akan dipasang karpet sajadah tersebut.

  • Tentukan motif

Cara memilih karpet sajadah selanjunya adalah dengan menententukan motif karpet sajadah yang ingin digunakan. Timbang baik-baik motif yang akan digunakan; pikirkan apakah Anda akan menggunakan karpet sajadah yang polos tanpa motif atau apakah Anda akan menggunakan gambar motif di bagian tengah saja? Anda juga bisa mempertimbangkan motif yang hanya berada di bagian pinggir atau memilih gambar yang sekaligus berfungsi sebagai garis shaf untuk membantu meluruskan barisan solat. Apapun  motif yang Anda pilih nantinya pastikan agar gambar tersebut bukan menjadi suatu hal yang justru akan mengganggu konsentrasi saat sedang beribadah.

  • Tentukan warnanya

Karena karpet sajadah memiliki ukuran yang cukup besar, tentunya perkara perawatan kebersihannya juga menjadi masalah tersendiri.  Oleh karena itu ada baiknya jika Anda memilih warna yang tidak gampang ternoda. Warna yang serasi dengan ruangan ibadah tentu akan terlihat menarik tampilannya. Namun akan sangat merepotkan jika karpet gampang menjadi kotor bukan?

  • Jangan lupa memilih bahan

Cara memilih karpet sajadah selanjutnya adalah dengan menentukan bahan utama karpet itu sendiri. Terdapat beragam pilihan bahan, mulai dari yang tipis hingga yang sangat empuk sehingga mampu membuat sobat malas beranjak setelah merasakan kenyamannya.

Ingatlah bahwa pemilihan bahan karpet sajadah ijuga berhubungan dengan kegiatan perawatannya. Pastikan untuk memilih karpet sajadah dengan bahan yang sekiranya cukup mudah dirawat. Pertimbangkan lokasi tempat ibadah berada, sesering apakah tempat tersebut digunakan untuk beribadah, serta pertimbangkan pula mayoritas pengguna tempat ibadah. Bertanyalah kepada penjual karpet masjid mengenai koleksi bahan karpet sajadah apa saja yang dimiliki.

  • Pay attention to details

Perhatikan detail-detail karpet sajadah, mulai dari jahitan yang digunakan hingga jenis sambungan. Jahitan karpet sajadah ini berhubungan dengan tingkat keawetannya. Apabila jahitan mudah terlepas, maka lama kelamaan karpet sajadah segera rusak dengan mudahnya.

Cara memilih karpet sajadah di poin ini juga penting karena berhubungan juga dengan penampilan. Agar karpet sajadah terlihat flawless dan smooth maka Anda harus memperhatikan detail yang ditawarkan penjiual.

  • Perhatikan proses instalasi

Apabila Anda sudah sering mengurusi karpet sajadah, masalah instalasi atau pemasangan karpet sajadah adalah hal yang mudah untuk dikerjakan. Namun jika tidak memiliki pengalaman mengenai hal ini, maka tanyakan kepada pemilik toko penjual karpet sajadah yang dibeli apakah mereka menyediakan jasa untuk instalasi karpet sajadah .

Jangan lupa untuk menanyakan kepada toko penjual karpet sajadah  apakah menyediakan jasa pengiriman. Apabila tidak menyediakan jasa pengiriman, maka Anda harus menyediakan sendiri kendaraan yang sesuai untuk proses pengankutan karpet sajadah tersebut saat Anda membelinya.

Itulah tadi cara memilih karpet sajadah yang bisa kami berikan kepada Anda. Semoga tips yang kami berikan tadi cukup membantu Anda mengatasi kebingungan menentukan sajadah yang paling sesuai.