Membersihkan lantai kayu sebenarnya cukup mudah karena cara membersihkan lantai kayu pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan lantai pada umunnya. Hanya saja dibutuhkan ketelatenan lebih agar lantai kayu tersebut tetap terlihat prima dan dapat bertahan dalam kurun waktu lebih lama.

Lalu, bagaimana sih cara membersihkan lantai kayu yang baik? Beberapa tips membersihkan lantai kayu dari decorindoperkasa.com dengan mengunakan bahan sederhana dan  ini bisa Anda ikuti:

Cara membersihkan lantai kayu

  • Sapu secara teratur

Cara membersihkan lantai kayu yang paling dasar adalah dengan menyapunya secara teratur. Usahakan  menyapu lantai kayu searah sesuai dengan pola lantai kayu di ruangan sobat agar kotoran yang berada di sela-sela dapat tersapu dengan maksimal.

Jangan pernah menyepelakan debu meski memiliki ukuran sangat kecil ya! Meski debu terlihat remeh, namun jika dibiarkan lama menumpuk dapat berpotensi menimbulkan goresan pada permukaan lantai kayu lho – terutama jika sbat sering melewati bagian berdebu tersebut. Oh iya terlalu lama membiarkan debu menumpuk pada lantai kayu juga berpotensi membuat permukaan lantai yang tadinya kinclong jadi kusam.

  • Bersihkan segala kotoran secepatnya

Jangan lupa untuk segera membersihkan segala macam kotoran yang  acapkali jatuh di atas permukaan lantai, terutama kotoran cair. Lantai kayu pada dasarnya sangat cepat menyerap air sehingga terlalu lama membiarkan kotoran cair di lantai dapat membuat lantai rusak lebih cepat. Cara membersihkan lantai kayu ini juga sederhana, cukup menggunakan lap kain kering untuk menggosok bagian yang terkena cairan.

  • Gunakan lap kain lembut lembap

Anda tentu sering menemukan lantai kayu terkena noda membandel yang tidak hilang hanya dengan dilap kain kering. Nah, cara membersihkan lantai kayu ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu membasahi kain lembut dengan air lalu diperas agar tidak terlalu basah.. Gunakan air hangat untuk membersihkan lantai kayu karena air hangat tidak akan meninggalkan noda.

Anda dapat mencampur air hangat dengan sedikit sampo bayi yang lembut untuk membersihkan lantai kayu. Jangan pernah menggunakan sampo dewasa, deterjen pewarna atau pengharum untuk membersihkan lantai kayu ya!

Anda juga dapat membuat campuran 1000 ml air dengan 60 ml cuka putih untuk digunakan sebagai semprotan pembersih lantai kayu. jangan menggunakannya secara langsung untuk keseluruhan lantai kayu, cukup semprotkan larutan tersebut sedikit demi sedikit pada bagian lantai kayu lalu lap lantai tersebut.

Untuk membersihkan noda yang menempel erat pada permukaan lantai kayu seperti halnya permen karet, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan bantuan pisau plastik. Kikis sedikit demi sedikit permen karet yang menempel kemudian gosok sisa noda yang masih menempel dengan menggunakan kain lap lembut . Jangan pernah  mengikis permen karet tersebut dengan menggunakan pisau tajam yang terbuat dari logam apabila Anda ingin lantai kayu yang cantik terhindar dari goresan.

Anda juga dapat menggunakan aseton atau cairan pembersih cat kuku pada permukaan lantai kayu untuk membersihkan noda-noda seperti cat kuku, semir sepatu atau juga noda yang berasal dari kue tart.

Peralatan ATK berupa penghapus pensil juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan lantai kayu lho. Penghapus pensil ini dapat Anda gunakan untuk menghilangkan noda berupa bekas tanda tumit pada lantai kayu.

Khusus noda membandel yang berasal dari lemak beku, Anda terlebih dahulu harus mengompres noda dengan air es hingga lemak mengeras. Setelahnya, kembali gunakan bantuan pisau plastik untuk mengikis lemak beku tersebut. Jika lemak beku sudah terangkat, bersihkan sisan noda lemak beku tersebut dengan menggunakan cairan pembersi jendela dan lap kain lembut yang sedikit lembab.

Beberapa cara membersihkan lantai kayu cukup mudah dan tidak ribet ‘kan? Semoga dapat bermafaat untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam membersihkan lantai kayu ya. Selamat mencoba!