Karpet Sajadah Decorindoperkasa – Masjid / mushola / langgar merupakan tempat beribadah bagi umat Muslim. Dalam 1 hari, ibadah sholat yang dilaksanakan ada 5 kali. Di luar menyelenggarakan ibadah wajib, ada juga beberapa kegiatan seperti pengajian. Terlebih di bulan Ramadhan, ada lebih banyak kegiatan yang diselenggarakan di masjid, seperti buka puasa bersama dan sholat Tarawih. Sehingga tentu saja ada banyak umat yang datang.

Salah satu inventaris yang dimiliki masjid adalah karpet sajadah. Di masa kini hampir semua masjid / mushola / langgar menggunakan karpet sajadah, karena selain berfungsi sebagai alas untuk ibadah sholat juga agar umat tidak langsung duduk di lantai. Karpet masjid yang digunakan setiap hari sudah sewajarnya harus senatiasa dijaga kebersihannya.

Bila Anda bertanggung jawab menjaga kebersihan karpet sajadah di masjid atau bila Anda memiliki karpet sajadah di tempat sholat yang ada di rumah, maka Anda perlu mengetahui cara membersihkan karpet sajadah Decorindoperkasa. Yap, di decorindoperkasa.com ada banyak karpet sajadah yang indah dan berkualitas baik yang ditawarkan. Ikuti panduan membersihkannya berikut agar tetap terjaga dengan baik :

Cara Membersihkan Karpet Sajadah Dari DecorindoPerkasa

  1. Bentangkan karpet di lantai dan bersihkan debu dengan menggunakan vacum cleaner
  2. Kemudian bentangkan karpet di jemuran atau pagar untuk menyangga karpet. Pastikan posisi karpet sedikit miring agar ketika dicuci dengan air yang disemprotkan nantinya aliran air akan lebih mudah mengalir dan mempermudah proses pembersihan.
  3. Setelah itu, semprot karpet dengan air menggunakan selang. Tekanan air yang disemprotkan bisa membuat kotoran di karpet bisa luruh.
  4. Setelah karpet basah, gunakan cairan pembersih khusus karpet atau jika tidak ada bisa gunakan shampo bayi untuk membersihkan lebih menyeluruh. Sikat karpet dengan menggunakan sikat yang lembut. Ingat untuk jangan menyikat terlalu keras karena dapat membuat karpet terasa keras setelah kering.
  5. Setelah itu siramlah dengan air agar sisa sabun yang tersisa juga ikut terbilas.
  6. Jemur dan keringkan karpet di tempat yang teduh serta tidak langsung terkena sinar matahari namun cukup sirkulasi udara. Selain untuk menjaga kualitas karpet, penjemuran yang baik mencegah karpet menjadi bau.
  7. Setelah karpet tersebut benar-benar kering, taburi karpet dengan baking soda untuk menghilangkan bau, lalu tunggu selama 30 menit dan bersihkan karpet lagi menggunakan vacum cleaner.

Selain untuk menjaga kenyamanan jama’ah ketika ibadah serta untuk mencegah penularan penyakit yang bisa disebabkan oleh debu, virus, atau bakteri yang menempel di karpet tersebut. Semoga dengan panduan ini karpet sajadah Decorindoperkasa Anda selalu terjaga kebersihannya.