Cara memasang parket kayu tidak seperti pemasangan vinyl, proses pemasangan parket jauh lebih rumit dan cenderung memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, lebih baik apabila proses pemasangan dilakukan oleh tenaga yang ahli di bidangnya. Walaupun demikian pemasangan dapat juga dilakukan sendiri asalkan dilakukan dengan benar. Ketelitian dalam pemasangan menentukan hasil akhir dari pemasangan parket. Sebagai referensi Anda, kami telah merangkumkan beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pemasangan parket. Berikut adalah sekilas tentang proses pemasangan parket kayu solid.

Persiapan, permukaan lantai yang akan dipasang parket harus diratakan terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan meratakan acian sebagai bahan penopang parket.

Pemasangan, lantai yang telah diratakan dilumuri lem hingga merata. Kemudian, parket disusun satu per satu sehingga menutup seluruh permukaan yang ingin dipasang. Setelah terpasang parket diamplas menggunakan peralatan khusus untuk meratakan permukaan parket secara menyeluruh.

Finishing, parket yang sudah diratakan kemudian akan disemprot menggunakan bahan finishing agar warna akhir dari parket kayu dapat tampak dengan maksimal. Warna akhir dari proses finishing ini dapat berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pemasangan.