Cara memasang lantai vinyl meliputi tahap persiapan, pemasangan dan pemotongan. Berikut adalah penjelasan mengenai bagaiamana cara memasang vinyl lantai dengan baik, sesuai dengan tahapan tersebut.

Persiapan, lantai harus kokoh rata, halus dan kering. Bersihkan dan keringkan lantai sebelum memasang vinyl lantai. Tentukan titik tengah dari keempat sisi dinding dan tarik dari titik tengah dinding yang satu ke titik tengah dinding yang di seberangnya. Dengan cara yang sama tarik satu garis lagi diantara dua sisi dinding lainnya. Anda akan mendapatkan dua garis yang menyilang yang akan digunakan sebagai pedoman pemasangan vinyl lantai.

Pemasangan, siapkan lem kuning (solvent base adhesive) sebagai bahan perekat. Oleskan lem secukupnya di permuakaan lantai dan dasar vinyl lantai. Tempelkan vinyl ke lantai segera setelah lem kering dengan mengikuti garis pedoman yang telah dibuat sebelumnya.

Pemotongan, untuk mendapatkan hasil pemasangan yang maksimal, mungkin diperlukan pemotongan vinyl lantai, terutama untuk pemasangan pada bagian lantai dekat dinding. Caranya : letakkan lembar vinyl yang belum terpasang diatas lembar vinyl yang sudah terpasang (overlap), rapatkan ke dinding dan tandai bagian yang overlap. Potonglah sepanjang garis overlap dengan pisau cutter dan penggaris dari logam.